Tingkatkan Parmas, KPU Pacitan Gelar Lomba Film Pendek, Meme dan Konten Youtube

DOK.KPU

kab-pacitan.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menggelar lomba film pendek, meme dan konten toutube. Even tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan partisipasi masyarakat (parmas) dalam Pemilihan 9 Desember 2020. Ada empat tema dalam lomba tersebut. Yakni,  Ayo ke TPS, Pemilihan Sehat Kita Selamat, Pilbup Pacitan Bungah Gumregah, Lindungi Hak Pilihmu. Even lomba dihelat selama 17 hari, mulai Senin (8/7/2020) sampai dengan Jumat (24/7/ 2020).

Tema Ayo ke TPS, merupakan upaya mengajak atau mendorong masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Rabu Wage 9 Desember 2020. Hal itu sebagai pengejawantahan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Pilbup Pacitan. Sedang tema Pemilihan Sehat Kita Selamat, dalam berpartisipasi, penyelenggara, pemilih, peserta dan semua elemen masyarakata lainnya,tetap mematuhi protokol kesehatan.

DOK KPU

Tagline Pilbup Pacitan Bungah Gumregah, juga menjadi tema dalam lomba tersebut. Bungah diartikan riang gembira dan Gumregah bisa dimaknai semangat atau bangkit. Secara umum, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan dilaksanakan dengan riang gembira dan penuh semangat. Tema Lindungi Hak Pilihmu, untuk menegaskan bahwa memilih adalah hak yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Sehingga, partisipasi pemilih dalam pilihannya merupakan salah satu investasi untuk menghasilkan bupati dan wakil bupati Pacitan untuk lima tahun ke depan.

Ketua KPU Pacitan, Sulis Styorini mengatakan untuk kategori film pendek dan meme, pesertanya pelajar dan mahasiswa. “Ini merupakan salah satu upaya meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya pemilih pemula atau pemilih muda. Sedang konten youtube maksimal usia dibatasi 40 tahun,” jelasnya.

Sejak pendaftaran dibuka ada 62 karya yang masuk ke penatia lomba KPU Pacitan. Dengan rincian, film pendek (27 karya), meme (27 karya) dan konten youtube (24 karya). Dari sejumlah karya tersebut dilakukan penjurian selama 2 hari, Selasa-Rabu (28-29/7/2020). Adapun, juri lomba, selain melibatkan Anggota Divisi Sosdiklih Parmas KPU Propinsi Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, juga praktisi seni, akademisi, budayawan dan youtuber Pacitan. “Nantinya, juara 1,2,3 dan 3 partisipan terbaik, akan dijadikan media sosialisasi ke masyarakat melalui media sosial KPU Pacitan, maupun badan adhoc,” pungkasnya.

Berikut hasil lomba film pendek, meme dan konten youtube sebagai berikut:

Kategori Film Pendek:

Juara I : Syafiul Anan, judul karya: Kebrukan Suket Koyo Kaku

Juara II: Rika Erawati, judul karya:  Untuk Kita

Juara III: Agung Alwijaya, judul karya: Yang Muda Yang Bicara

Partisipan Terbaik I : Toti Hardi Al Yusron, judul karya: Yang Muda Sehat Berdemokrasi

Partisipan Terbaik II: Ernest Erica Putra, judul karya: Metik Becik

Kategori Meme:

Juara I: Aldi Rifai, judul karya: Ayo Nyoblos

Juara II: Febri Ramadhan:, judul karya: Mengajak Nyoblos

Juara III: Nisa Jeny Widayanti, judul karya: Jangan Golput

Partisipan Terbaik I: Syahrul Huda, judul karya: Pemilu

Partisipan Terbaik II: Raihan Ayyub Abdillah, judul karya: Hayo Siapa Yang Masih Golput

Partisipan Terbaik III: Umi Nafilati Aprema Rusda, judul Karya: Pilbup New Normal

Kategori Konten Youtube

Juara I: Yoga Pangestu, judul karya: Ora Enom Ora Tuwo Ayo Nyoblos

Juara II: Damas Mahadi, judul karya: Pacitan Memilih

Juara III: Selyn Friandini, judul karya: Gibah Pilbup

Partisipan Terbaik I: Andi Nopianto, judul karya: Langkah Kaki Untuk Satu Pilihan

Partisipan Terbaik II: Sugeng Widodo, judul karya: Lindungi Hak Pilihmu

Partisipan Terbaik III: Kelvin Nuryani, judul karya: Datang ke TPS

(HUPMAS KPU PACITAN)

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.