RAPAT KOORDINASI PENYUSUNAN DPK, DPTb DAN PERBAIKAN DPT PADA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

kab-pacitan.kpu.go.id Pacitan – Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) Nomor 227/PL.02.1-Kpt/01/KPU/I/2019 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Penyelenggarakan Pemilih Umum (Pemilu) tahun 2019, KPU Kabupaten Pacitan mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait petunjuk teknis penyusunan DPK, DPTb, dan Perbaikan DPT.

Bertempat di Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Pacitan, Senin (24/1/2019) Rakor  dihadiri oleh satu orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Data Pemilih dan satu orang anggota PPK Divisi Pungut Hitung Se Kabupaten Pacitan. Sehingga total peserta yang hadir dalam Rakor adalah 24 orang anggota PPK Se Kabupaten Pacitan.

Penyusunan DPK, DPTb, dan Perbaikan DPT

Rapat Koordinasi dibuka langsung oleh ketua KPU Kabupaten Pacitan Damhudi. Damhudi menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting terkait dengan penyusunan DPK, DPTb dan Perbaikan DPT. Selain itu juga untuk mengkoordinasikan terkait dengan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan yang telah dikirim ke KPU Kabupaten pada tanggal 16 Januari 2019 dan 21 Januari 2019.

Selain itu ketua KPU Kabupaten Pacitan juga menyampaikan bahwa pemilih ini tidak akan ada habisnya sampai dengan penghitungan suara. Karena pemilih juga mengalami pergerakan, sehingga paling tidak DPT terakhir yang ditetapkan nanti sudah tidak ada data ganda.

Rakor selanjutnya diteruskan penjelasan teknis terkait penyusunan DPK, DPTb dan perbaikan DPT oleh Komisioner KPU Kabupaten Pacitan Divisi Program dan Data Sittah AAQ. Sittah menyampaikan hal – hal yang perlu ditindaklanjuti terkait dengan jadwal penyusunan dan rancana atau deadline penyusunan DPK, DPTb dan Perbaikan DPT.

Rio/gil