RANGKAIAN TAHAPAN PENDIDIKAN PEMILIH MUDA KETIGA DI KPU PACITAN

kab-pacitan.kpu.go.id Pacitan – Rangkaian kegiatan pendidikan pemilih untuk segmen pemilih muda yang direncanakan digelar sebanyak 3 (tiga) kali kini memasuki tahap akhir. Setelah kegiatan dilaksanakan di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan, kini kegiatan dilaksanakan kembali di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (24/11) ini juga dihadiri oleh anggota Komisioner KPU Pacitan Divisi Teknis Sulis Styorini, Divisi Program dan Data Sittah AAQ, Divisi SDM dan Parmas Suhardi, Divisi Hukum Mahfud, dan staf sekretariat KPU Pacitan.

“Di pertemuan terakhir ini masih akan banyak materi penting yang akan disampaikan oleh narasumber-narasumber KPU,” ucap Sulis Styorini. Materi yang dimaksud tersebut adalah pemungutan dan penghitungan suara Pemilu, rekapitulasi penghitungan suara Pemilu, serta materi kampanye Pemilu Tahun 2019.

Penyampaian Materi Tahapan Pemilu 2019

Pada kesempatan tersebut, Sulis Styorini selaku Divisi Teknis memaparkan materi tentang pemungutan, penghitingan, dan rekapitulasi suara pada Pemilu Tahun 2019. “Seluruh mekanisme pemungutan dan penghitungan suara pada pemilihan umum telah dicantumkan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017,” jelas wanita yang akrab disapa Rini.

“Sebagai generasi muda, marilah kita gunakan hak pilih kita dengan baik, mentaati perundang-undangan dan PKPU, serta ikut mengawasi serta mensukseskan penyelenggaraan Pemilu nanti,” himbau Rini.

Untuk selanjutnya disampaikan materi kampanye oleh Divisi SDM dan Parmas Suhardi serta materi mekanisme alokasi penghitungan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan sera penataan Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Pacitan oleh Divisi Program dan Data Sittah AAQ.

“Kami berharap kawan-kawan pemuda dan pemudi ini bisa ikut mengawasi pelaksanaan Pemilu atau bahkan bisa menjadi penyelenggara, baik itu PPK, PPS, dan juga KPPS,” ucap Suhardi.

Kegiatan ini adalah kegiatan terakhir dalam rangkaian pendidikan pemilih untuk segmen pemilih muda dalam peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu Tahun 2019 nanti. Pemilu 2019 nanti akan dilaksanakan secara serentak pada 17 April 2019 dengan memilih Presiden dan Wakil Presiden; Dewan Perwakilan Daerah (DPD); Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI); Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provisni; dan DPRD Kabupaten.

Tekmas/gil