KPU Pacitan Hadiri Seminar Nasional Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 Tahap II

saat narasumber menyampaikan materi di seminar nasional evaluasi pelaksanakan pemilu serentak 2019 tahap II (dok. : eko)

Pacitan, kab-pacitan.go.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan, menghadiri undangan Seminar Nasional Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 Tahap II, yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Acara Seminar bertempat di Hotel The 101 Malang ( Senin, 11/11/2019). Hadir dalam acara tersebut, Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini, bersama Eko Setiawan, Komisioner KPU Pacitan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, mewakili Devisi Hukum Dan Pengawasan.

Acara dibuka oleh Purnomo Satrio Pringgodigdo, Koordinator divisi Hukum, data dan Informasi. Dilanjut penyampaian materi oleh Komisioner KPU Provinsi Jatim Divisi Teknis, Insan Qoriawan yang menyampaikan tentang berbagai permasalahan teknis dalam Pemilu serentak 2019 di Jawa Timur. Permasalahan tersebut terkait Penataan daerah pemilihan, alokasi kursi, pencalonan serta pemungutan dan penghitungan suara.

Saat peserta memperhatikan seminar nasional evaluasi pelaksanakan pemilu serentak 2019 tahap II (dok. : eko)

Misalnya Dalam pencalonan ada sedikit permasalahan terkait keterbatasan Rumah Sakit Tipe A dan B yang direkomendasikan KPU untuk pemenuhan syarat sehat jasmani dan rohani. Mantan narapidana namun tidak tercantum dalam SKCK, serta polemik mantan terpidana korupsi serta ketidak sesuaian beberapa dokumen pencalonan seperti KTP-el, Ijazah dan lain sebagainya.

Sementara Komisioner Bawaslu Provinsi Jatim Divisi Penindakan Pelanggaran, Muhammad Ikhwanudin Alfianto menyampaikan terkait dengan kewenangan bawaslu dalam Pengawasan Pemilu Serentak 2019. Ada banyak permasalahan dalam pengawasan yang dilakukan Bawaslu, namun pada prinsipnya bisa dilaksanakan dengan baik. Hanya saja ada beberapa catatan lain terkait beban penyelenggara yang begitu berat, blm adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja badan adhoc.

Dalam acara Seminar Nasional ini juga dihadiri oleh narasumber dari Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang, Muchamad Ali Syafaat, SH., MH. Menurutnya, pemilu serentak 2019 pada umumnya sudah berhasil dengan baik, meskipun masih ada hal-hal yang perlu ditingkatkan, termasuk regulasi, sumberdaya manusianya. (Eko)