Ketua KPU RI: “Dibutuhkan Leader dan Manajer Hebat”

Peserta Orientasi Tugas berfoto dengan Ketua KPU RI Arief Budiman termasuk dari KPU Pacitan (dok. : wit)

kab-pacitan.kpu.go.id Jakarta – Menjadi penyelenggara Pemilu, tidaklah mudah. Tidak sekedar melaksanakan semua tahapan. Namun, juga dituntut mampu memberikan inovasi-inovasi yang hebat, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Intinya, di lembaga Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus didukung manajer hebat dan leader yang mumpuni,” kata Arief Budiman, saat membuka Orientasi Tugas (Ortug) gelombang VII, Selasa ( 5/11/2019), di hotel Harris Vertu Harmoni.

Karena itu, kegiatan Orientasi Tugas (Ortug) saangatlah penting. Bahkan, dalam kegiatan tersebut mengikutsertakan unsur ketua, anggota dan sekretaris KPU kabupaten/kota.

“Ada banyak modul yang nantinya disampaikan nara sumber kepada peserta. Tujuannya, untuk mencetak penyelenggara pemilu yang tahu akan tupoksinya,” jelas orang nomor satu di KPU RI ini.

Hal senada disampaikan Lucky Vernandi Majayanto, Kabiro SDM. Menurutnya, Ortug diselenggarakan secara gelombang, sejak tahun 2018 samapai akhir 2019.

Tujuannya, memberikan pemahaman penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan. “Selain itu, juga untuk standarisasi kompetensi, yang bermuara untuk selalu setia pada UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.

Perlu diketahui, Ortug Gelombang VII diikuti 184 orang peserta. Namun saat pembukaan, beberapa peserta absen lantaran masih dalam perjalanan dan sebagian ada yang ijin sakit. (wit)

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.