FORUM WARGA CANGKRUKAN : WUJUDKAN PACITAN IS PACITAN PADA PEMILU TAHUN 2019

kab-pacitan.kpu.go.id Pacitan – Diskusi bersama dengan tema Forum Warga Cangkrukan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan hadirnya seluruh undangan dan memenuhi tempat yang telah disediakan di halaman KPU Pacitan pada hari Senin (15/10) malam.

Undangan yang terdiri atas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pacitan; perwakilan Kapolres Pacitan; Dandim 0801 Pacitan; Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol); Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu Tahun 2019; tim kampanye calon Presiden dan Wakil Presiden; Komunitas Mukidi; organisasi Mahasiswa; dan media massa.

Ketua KPU Pacitan Damhudi mejelaskan bahwa diskusi kali ini akan dilaksanakan secara santai terbuka. “Kita akan melakukan diskusi tentang Pemilu, kita aktualisasikan hasilnya nanti terkait persoalan-persoalan di masyarakat yang dibahas dalam diskusi ini,” jelas Damhudi.

Dengan Moderator Purwo, diskusi forum warga cangkrukan Pemilu Tahun 2019 ini dimulai. Banyak pertanyaan yang ditujukan kepada lima narasumber, yaitu Ketua KPU Pacitan, anggota Komisioner Bawaslu Pacitan, Dandim 0801 Pacitan, perwakilan Kapolres Pacitan, dan Kepala Bakesbangpol Pacitan.

“Akan ada banyak hal yang akan dibahas pada diskusi kali ini, mulai data pemilih, hingga regulasi kampanye. Namun malam ini akan fokus membahas tentang kampanye,” jelas Damhudi Ketua KPU Pacitan saat memberikan prolog jelang diskusi.

Anggota Komisioner Bawaslu Pacitan Agus Hariyanto; perwakilan Kapoleres Pacitan yang berhalangan hadir Kompol Sukoco; Dandim 0801 Pacitan Letkol Aristoteles H Nusa; dan Kepala Bakesbangpol Suharyanto juga menyampaikan prolognya sebelum diskusi dimulai.

Diskusi dimulai dan dibagi menjadi 3 sesi tanya jawab, dan terdiri dari 3 pertanyaan di setiap sesinya. Komunikasi dua arah terjalin sangan intens antara penanya/pengusul dengan ke lima narasumber yang ada. Pertanyaan seputar Pemilu, regulasi kampanye, dinamika pemilih di masyarakat, serta iklim politik yang sedang berkembang menjadi pembahasan utama di dalam diskusi ini.

Closing Statement

Setelah diskusi mencapai klimaksnya, seluruh narasumber memberikan closing statement di akhir acara tersebut.

“Ruang untuk melaksanakan kampanye bagi peserta Pemilu terbuka sangat luas. Selama tidak ada aturan yang dilanggar, Bawaslu juga akan memberikan ruang yang seadil adilnya bagi seluruh peserta Pemilu,” (Agus Hariyanto, anggoota Komisioner Bawaslu Pacitan).

“Komponen yang terlibat dalam kegiatan Pemilu terdiri dari 4 elemen, diantaranya penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu, pemilih, dan pemerintah. Kami berharap 4 elemen ini bersienergi untuk menciptakan pemilu yang damai, waspada dengan Hoax, berita tidak benar dan lain sebagainya, serta koordinasi KPU dengan Bawaslu, dan mari kita ciptakan Pacitan Is Pacitan,” (Damhudi, Ketua KPU Kabupaten Pacitan).

“Kita harus siap dalam mengurangi bahaya Money Politic, supaya hal ini tidak menjadi “Bola Salju” terhadap generasi penerus kita, anak cucu kita kedepan. Saya juga berharap pelakasanaan Pemilu nanti akan aman-aman, sesuai dengan peraturan yang berlaku,” (Letkol Aristoteles, Dandim 0801 Pacitan).

“Dengan adanya Forum Warga Cangkrukan ini semoga Pemilu Tahun 2019 ini menjadi sukses, damai, dan sejuk,” (Kompol Sukoco).

“Dengan pembinaan Politik kali ini, pertama mekanisme demokrasi ini bisa dijalankan sesuai dengan perundang-undangan. Kedua etika politik bisa ditegakkan, dan ketiga kader-kader dari Parpol yang ada di Legislatif maupun Eksekutif lebih berkualitas,” (Suharyanto, Kepala Bakesbangpol).

Tekmas/gil