PENANDATANGANAN DEKLARASI DAMAI PEMILU 2019

kab-pacitan.kpu.go.id Pacitan Tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 tinggal 1 (Satu) Tahun lagi. Berbagai kegiatan sosialisasi serta persiapan terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan. Selain itu koordinasi dengan pihak terkait persiapan pelaksanaan juga terus dilakukan oleh KPU Pacitan demi terselenggaranya Pemilu yang aman dan damai.

Dalam rangka menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menggelar Parade Rontek Gugah Pemilu Tahun 2019. Parade Kali ini digelar dengan mengikut sertakan Partai Politik (Parpol) sebagai peserta Parade Rontek. Selain itu, badan Adhoc KPU, yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Surara (PPS) se Kabupaten Pacitan juga turut serta dalam acara ini.

Rontek Damai

Acara yang dirangkaikan dengan penandatanganan Deklarasi Damai ini digelar pada Sabtu (21/4) malam ini bertempat di seputaran Alun – Alun Kabupaten Pacitan. Acara ini juga mendapat perhatian dan antusias dari seluruh masyarakat Pacitan. Ribuan warga memadati sudut –sudut jalan dimana mereka bisa dengan leluasa melihat pertunjukan yang ditampilkan oleh peserta Parade Rontek.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menyongsong pemilihan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota,” ucap Damhudi Ketua KPU Pacitan saat memberikan sambutan. “Rontek juga akan dilaksanakan bersama Parpol peserta Pemilu, dimana Bapak/Ibu nanti bisa menyaksikan dan mengetahui Partai apa sajakah yang mengikuti Pemilu 2019,” imbuh Damhudi.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Kabupaten Pacitan Setyo K. Heriyanto juga memberikan apresiasi pada acara tersebut. “Saya ucapkan selamat kepada KPU dan seluruh Parpol atas terselenggaranya acara ini, saya juga mengapresiasi atas dipilihnya rontek sebagai pertunjukan seni dan budaya ini,” sambut Setyo.

Lebih lanjut Setyo menghimbau kepada seluruh peserta dan masyarakat yang hadir untuk tetap tertib dan damai saat pelaksanaan Pemilu 2019 nanti. “Seperti yang disampaikan oleh Ketua KPU, Pacitan is Pacitan, warga Pacitan yang tetap menjaga kedamaian dan taat kepada hukum,” imbuh Setyo.

Penandatanganan Deklarasi Damai

Sebelum Parade dimulai, acara diawali dengan penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu Serentak Tahun 2019. Deklarasi ditandatangani oleh masing-masing ketua Parpol peserta Pemilu Tahun 2019, dan disaksikan oleh Bupati Pacitan; Ketua DPRD Pacitan, Ketua KPU Pacitan; Ketua Bawaslu Pacitan; Kapolres Pacitan; Dandim 0801 Pacitan; Kajari Pacitan; dan Kalandri Pacitan.

Deklarasi berisi tentang pernyataan untuk melaksanakan Pemilu yang damai, menciptakan situasi yang kondusif sesuai perundang – undangan yang berlaku. Selain itu di dalam deklarasi menyebutkan bahwa yang telah bertanda tangan siap untuk bekerja sama dengan instansi dan lembaga penyelenggara untuk suksesnya Pemilu Tahun 2019.

gil/hardi