KPU Pacitan ikuti Webinar Nasional Literasi Demokrasi

Pacitan, kab-pacitan.kpu.go.id  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan mengikuti webinar nasional yang dilaksanakan KPU Kota Blitar, Propinsi Jawa Timur, Kamis (10/6/2021).

Acara bertajuk Literasi Demokrasi dan Launching Buku Pemilihan Serentak 2020 itu, diikuti sekitar 80-an peserta. Sedang KPU Pacitan menugaskan Iwit W. Santoso, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Hadir sebagai pembicara pembuka Gogot Cahyo Baskoro, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, KPU Jawa Timur. Adapun materi yang diusung adalah Komitmen KPU Jatim dalam Pengembangan Literasi Demokrasi sebagai Sumber Pendidikan Pemilih di Indonesia.

Dalam penyajiannya Gogot CB juga mengapresiasi literasi demokrasi di lingkungan KPU Jawa Timur. Tidak itu saja, Komisioner asal Magetan tersebut juga menilai pelaksanaan Pemilihan di Jatim sukses. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya partisipasi masyarakat.

Beberapa narasumber, secara bergantian menyampaikan materi-materi yang sangat berbobot. Diantaranya, Dokumentasi Sebagai Sumber Literasi yang disampaikan Subairi. (Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Kota Surabaya). Dilanjutkan Imam Nawawi (Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Situbondo), yang menyampaikan Literasi Demokrasi sebagai Pengetahuan dan Tanggung Jawab Intelektual Penyelenggara Terhadap Pendidikan Pemilih.

Sementara itu, Nurani, Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Trenggalek, Trenggalek menyampaikan Literasi Demokrasi: Landasan HIstoris & Ancaman Konseptual. Sedangkan Rangga Bisma Aditya, S.Sosio, Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Kota Blitar, mengangkat  Pendidikan Pemilih Sebagai Arus UtamaPeningkatan Kualitas Demokrasi dan Peningkatan Partisipasi Masyarakat Indonesia. Dipenghujung seminar, nasional juga menghadirkan Totok Haryono, Anggota Bawaslu Propinsi Jawa Timur. (Tim Bakohumas KPU Pacitan)

Add a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.