Sukseskan Pilbup

Oleh: Mujari (Anggota PPK Kec. Tulakan periode Juni 2020 – Januari 2021)

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Serentak Lanjutan tahun 2020 di Kabupaten Pacitan, dinilai sukses. Selain tingkat partisipasi masyarakat meningkat, tidak ada sengketa dan kondisi masyarakat tetap adem-ayem.

Begitu juga pelaksanaan Pemilihan di wilayah Kecamatan Tulakan. Sukses penyelenggaraan lantaran kerjasama dari semua pihak. Baik KPU, PPK, PPS, KPPS, PKTPS dan teman teman pengawas menjadi bagian tidak terpisahkan dari suksesnya Pilbup. Penyelenggara yang berintegritas, jujur dan adil adalah modal menghasilkan pemimpin bermartabat.

Ada hal yang berbeda dengan Pemilihan sebelumnya. Pemilihan Serentak Lanjutan dilaksanakan beriringan dengan Pandemi Covid 19. Pun demikian, Tahapan Pilbup jalan terus dan diharapakan tidak menimbulkan klaster baru penyebaran covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan KPU dan jajarannya adalah menjalani Rapid test. Kendati tujuannya baik, namun pelaksanaannya bukan hal yang mudah. Sebab, tidak semua penyelenggara siap untuk dirapid test. Dalam kondisi itu, terjadilah upaya-upaya yang sangat luar biasa, khususnya dari PPK Kecamatan Tulakan. Edukasi pun gencar dilakukan agar semua penyelenggara bersedia untuk di rapid test.

Dalam hal teknis juga ada hal baru yang cukup membuat kerepotan para KPPS. Yakni, diterapkannya aplikasi Sirekap. Bukan lantaran enggan menggunakannya. Melainkan system baru tentunya banyak kendala di lapangan. Diantaranya, terkadang system down dan signal lemah di beberapa wilayah pedesaan. Tentunya ini adalah tantangan yang harus ditaklukkan oleh kawan-kawan KPPS. Dengan motto ‘dibalik kesulitan pasti ada kemudahan’ menjadi pegangan penyelenggara Kecamatan Tulakan.

Hingga pada Rabu 9 Desember 2020, seluruh pemilih di Kecamatan Tulakan, berbondong-bondong ke TPS terdekat. Tentunya, dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan penyelenggara.

Pelaksanaan Pilbup di Kecamatan Tulakan, cukup berhasil. Indikator keberhasilan dapat diukur dari tingginya partisipasi masyarakat. Sejumlah  67.859 jiwa pilih, 62 % (42.270 Jiwa Pilih ) diantaranya hadir di TPS untuk menggunakan hak pilih. Tentunya ini menjadi sebuah catatan prestasi bagi kecamatan Tulakan. Pandemi Covid bukan menjadi alasan untuk tidak hadir di TPS. Dari pemilihan ini, masyarakat berharap mendapatkan pemimpin yang berkualitas dan bermartabat demi Pacitan. (*)

Add a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.