Patuhi Prokes, Evaluasi Tahapan Pilbup Dibagi Dua Sesi

Pacitan, kab-pacitan.kpu.go.id_ Evaluasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Pacitan di wilayah Kecamatan Ngadirojo dilaksanakan Rabu (27/1/2021) di rumah makan Famili, Ngadirojo. Hanya saja, kegiatan digelar dua sesi. Sesi pertama digelar pagi hingga siang hari, dengan melibatkan PPS dan sekretariat PPS 9 desa. Sedang siang sampai sore juga mengikutkan PPS dan sekretariat PPS di 9 desa. “Evaluasi kita laksanakan sehari dibagi dua sesi. Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan di era pandemic covid-19,” kata Romdon, Ketua PPK Ngadirojo.

Dalam sambutannya, dikatakan, selama hajatan Pilbup, tahapan berjalan sesuai peraturan perundang-undangan. Kendati dalam pelaksanaannya diwarnai dengan pandemic Covid-19. “Alhamdulillah, pelaksanaannya aman, lancar dan terkendali. Semua KPPS melaksanakan tugas sesuai arahan dan bimbingan PPS dan PPK,” katanya.

Pun demikian, selama pesta demokrasi dihelat, ada dinamika yang terjadi di lapangan. Misalnya, adanya perbedaan persepi antara PPK dengan Panwascam terkait regulasi. Namun, semua diselesaikan sesuai kearifan lokal. “Alhamdulillah, selama ini bisa diselesaikan secara baik,” papar Romdon.

Lebih lanjut, Romdon juga mengapresiasi kinerja PPS, secretariat serta KPPS. Sebab, angka partisipasi masyarakat meningkat. Disisi lain, tahapan juga berjalan lancar. “Terima kasih atas prestasi yang dilakukan PPS maupun KPPS. Namun, kami juga minta maaf jika selama tahapan ada hal-hal yang kurang berkenan ”.  

Sementara itu, Iwit W. Santoso, mewakili Ketua KPU Pacitan, juga mengpresiasi kinerja badan adhock di Kecamatan Ngadirojo. Sebab, mampu melaksanakan semua tahapan sesuai peraturan perundang-undangan. Tidak ada permasalahan krusial yang muncul selama tahapan. “Pelaksanaan baik dan parmasnya meningkat,” kata Iwit.

Dalam kesempatan itu, Iwit juga menyampaikan agar PPK hingga PPS terus selalu menyambung silaturahmi. Paling tidak, keberadaan badan adhock merupakan leader dalam demokrasi. Sehingga, setiap saat, setiap kesempatan bisa memberikan pemahaman dan wawasan ke masyarakat mengenai pendidikan politik. “Paling tidak, pemahaman mengenai pentingnya masyarakat menyampaikan hak pilihnya,” urainya.

Diakhir sambutan, Iwit menekankan pentingnya sebuah evaluasi dalam setiap pelaksanaan tahapan. Sebab, hal itu sangat bermanfaat untuk perbaikan dalam tahapan selanjutnya. “Yang sudah baik dipertahankan, yang kurang baik diperbaiki. Insyaalah, pelaksanaan tahapan Pemilihan berikutnya akan semakin baik,” pungkasnya.

Dalam Evaluasi Tahapan Pilbup Pacitan oleh PPK Ngadirojo, dihaddiri Forkopimca, tokoh masyarakat, PPS, perwakilan tokoh masyarakat. Acara tersebut juga diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada PPS maupun sekretariat PPS. (tri)