Upaya Hentikan Hoaks

kab-pacitan.kpu.go.id Pacitan – Hari kedua Konsolidasi Regional Peningkatan Partisipasi Masyarakat, Jumat (13/9/2019), di hotel Manado, menampilkan Prof Dr. H. Henry Subiakto sebagai nara sumber.

Materi yang disuguhkan pun sangat menarik. Yakni, pengaruh hoax dalam proses politik. Sebab, sekarang ini, hoax sudah menyerang semua lembaga yang ada. Bahkan, KPU pun juga tak lepas dari serangan hoax.

Henry Subiakto yang juga Staf Ahli Menkominfo RI Bidang Hukum ini mengungkapkan, tidaklah mudah memerangi hoaks. Sebab, hoak tidak saja terjadi di Indonesia. Namun, produk hoax sudah mendunia.

Dalam melakukan operasi, selalu menargetkan kelompok-kelompok besar. Bahkan, tidak jarang langsung masuk ke unsur SARA. Sehingga, cara kerjanya mempermainkan keyakinan orang, menjerumuskan pemahaman serta menciptakan kegaduhan-kegaduhan agar mengganggu stabilitas.

Salah satu ciri khas berita hoax adalah selalu mengatasnamakan negara atau rakyat. Dan diakhir berita tertulis viralkan, sebarkan, jangan berhenti di sini, dan sebagainya.

Karena itu, ke depan sangat diperlukan strategi atau upaya-upaya menghentikan hoax. Disisi lain, masyaralat perlu membiasakan mengikuti medsos resmi dan media resmi lainnya. (*)