KELAS TEKNIS EDISI KE 13 BAHAS PENCALONAN

Pacitan, kab-pacitan.kpu.go.id – KPU Kabupaten Pacitan mengikuti Kelas Teknis Menyongsong 2024 yang dilakukan secara daring yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur dengan tema Pencalonan, Kamis (2/9/2021).

Dalam edisi ke-13, juga menampilkan dua narasumber. Yakni, Nikmatus Sholihah dari Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Blitar dan Nanang Wahyudi Divisi Teknis Penyelenggara KPU Nganjuk.

Nikmatus Sholihah memaparkan materi terkait Pendaftaran Calon Anggota DPRD Kabupaten/ Kota. Menurutnya, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam sebuah pencalonan mulai dari pengumuman pengajuan daftar calon, pengajuan calon, verifikasi kelengkapan administrasi bakal calon, penyampaian hasil verifikasi, perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon. Verifikasi terhadap perbaikan daftar calon, penyusunan DCS, pengumuman DCS, masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS, permintaan Klarifikasi, pemberitahuan pengganti DCS, pengajuan pergantian bakal calon, verifikasi pengganti DCS, penyusunan DCT, Penetapan DCT dan pengumuman DCT.

Sedangkan narasumber kedua, Nanang Wahyudi memaparkan mengenai Tahapan Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten/Kota. Selanjutnya setelah pemaparan materi dari dua narasumber, dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab dan saling berbagi pengalaman mengenai pencalonan yang terjadi pada pemilihan sebelumnya.

Pada akhir kegiatan ditutup oleh arahan beserta ulasan dari Insan Qoriawan mengenai kegiatan pada hari ini yaitu mengenai tahapan penggantian calon. (Tim Bakohumas KPU Pacitan)

Add a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.