Hari Terakhir, Pendaftaran PPK Ditutup Sampai Pukul 24.00 WIB.

KPU Pacitan Buka Pendaftaran Hari Terahir Sampai jam 24.00 WIB

Pacitan, kpu-pacitan.kpu.go.id_ Sesuai pengumuman, pendaftaran rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) berakhir pada hari Jumat (24/1/2020). “Pendaftaran hari terakhir ditutup sampai pukul 24.00 WIB,” kata Ketua KPU Pacitan, Sulis Styorini.

Ketentuan tersebut sebagai upaya tidak menghilangkan hak orang. Artinya, batasan waktu adalah pukul 24.00 WIB. “Sehingga, sebelum pukul 12 malam, masyarakat masih bisa mendaftar,” imbuhnya.

Sementara itu, Iwit W. Santoso mengatakan surat ijin pelaksanaan ujian tes tertulis menggunakan metode Computer Asisted Test (CAT) sudah diberikan KPU Jatim. “Dasar pelaksanaan menggunakan CAT sudah jelas,” tandasnya.

Dipaparkan, untuk mendapatkan ijin dari KPU Jatim juga tidak mudah. Sesuai instrumen monitoring yang dikeluarkan KPU RI, ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi. Diantaranya kesiapan anggaran, peralatan, jaringan, aplikasi, mitra dan hal- hal teknis lainnya.

Lebih lanjut, pertimbangan penggunaan CAT tidak saja untuk transparansi dan tras masyarakat. Namun, juga untuk mengetahui calon PPK mahami IT. “Selain integritas, pengetahuan kepemiluan dan ketrampilan penggunaan IT sangat menunjang bagi penyelenggara Pemilihan,” terang Iwit W. Santoso.

Perlu diketahui, sampai hari Kamis (23/1/2030), jumlah pendaftar calon PPK sebanyak 157 orang.  Dari 12 kecamatan, 9 kecamatan sudah memenuhi kuota minimal pendaftar 10 orang. (tri)