PENERIMAAN KELENGKAPAN PENDAFTARAN PARTAI POLITIK CALON PESERTA PEMILU TAHUN 2019 DI TINGKAT KPU KABUPATEN PACITAN

fotoooPacitan, kab-pacitan.kpu.go.id.Sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) No. 07 tahun 20017 tentang tahapan , program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum bahwa penyerahan dokumen syarat pendaftaran partai politik (PARPOL) calon peserta Pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 di tingkat Kabupaten/Kota adalah tanggal 03 – 16 Oktober 2017. Terkait dengan hal tersebut maka KPU Kabupaten Pacitan membuka penerimaan dukumen kelengkapan pendaftaran Parpolcalonpeserta Pemilu tahun 2019 di tingkat Kabupaten/Kota. Seperti telah diketahui bersama bahwa dokumen yang diserahkan pada saat pendaftaran meliputi : (1) Salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Politik di tingkat Kabupaten/Kota. (2) Salinan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau Surat keterangan yang disampaikan oleh pengurus partai politik tingkat kabupaten/kota atau sebutan lain melalui petugas penghubung (LO), dan (3) Daftar nama dan alamat anggota Parpol dengan menggunakan formulir model F2-PARPOL

Penerimaan dukumen kelengkapan pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu tahun 2019 di KPU Pacitan dilaksanakan di ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) Pace, KPU Pacitan, Jalan Veteran No. 66 Pacitan, dimulai dari tanggal 03 sampai dengan 16 Oktober tahun 2017, pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.Sedangkan untuk tanggal 16 Oktober 2017 waktu pendaftaran dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.

Hari pertama Pendaftaran, Selasa 3 Oktober 2017, belum ada Parpol yang mendaftar. Ada Partai Hanura datang ke kantor KPU Pacitan tetapi hanya sebatas untuk melakukan konsultasi terkait pendaftaran partai politik peserta pemilu tahun 2019. Anggota Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Kabupaten Pacitan juga hadir di Kantor KPU Pacitan. Kedatangan Panwas Pemilihan sesuai dengan tupoksinya adalah untuk melakukan pengawasan terkait pendaftaran parpol calon peserta pemilu tahun 2019. Dikarenakan saat itu belum ada Parpol yang mendaftar maka Panwas Pemilihan hanya melakukan koordinasi serta memastikan kelengkapan administrasi pendaftaran calon peserta pemilu dimaksud sudah ada.

Memasuki hari kedua masih juga belum ada tanda-tanda Parpol akan menyerahkan dokumen persyaratan. Ruang RPP Pace KPU Pacitan masih terlihat adem ayem hingga penutupan pukul 16.00 WIB, Rabu (04/10/2017). DI hari ketigapun (05/10/2017) sampai dengan waktu ditutup pukul 16.00 WIB juga belum ada parpol yang datang.

Sesuai dengan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum yang berlangsung secara nasional pendaftaran parpol calon peserta Pemilu tahun 2019 masih akan berlangsung hingga 16 Oktober pekan depan.

Menanggapi pendaftaran parpol yang masih lengang, Ketua KPU Pacitan Damhudi menyampaikan bahwa belum datangnya parpol untuk menyerahkan kelengkapan pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu tahun 2019 di tingkat Kabupaten/Kota dikarenakan masih adanya kesibukan internal di tingkat Parpol itu sendiri. “Kemungkinan masih sibuk dengan entry data di SIPOL” terang Damhudi.