MENGHADAPI AKHIR TA 2016 KPU PACITAN HADIR PADA ACARA SOSIALISASI DAN BIMTEK PENGELOLAAN BMN DAN SAIBA DI SURABAYA

2

Menjelang akhir Tahun Anggaran (TA) 2016 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) serta  Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA). Acara tersebut diadakan pada hari Rabu, tanggal 14 Desember 2016 bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 KPU Provinsi Jawa Timur. Dengan menghadirkan Kepala Sub Bagian ( Kasubbag ) Keuangan, Umum dan Logistik serta Operator BMN dan operator SAIBA KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur.

KPU Kabupaten Pacitan diwakili oleh Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik, Haning Wahyu Puspitasari didampingi oleh Operator BMN, Edy Darmadi dan Operator SAIBA, Toni Cahyo Nugroho.  Sosialisasi dan Bimtek dimulai pukul 10.00 WIB yang dibuka oleh Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur, HM. Eberta Kawima dengan menyampaikan tujuan diadakannya acara ini, yaitu amanat kepada seluruh KPU agar tertib administrasi. Karena Tertib administrasi merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh seluruh KPU agar dapat menghasilkan output predikat opini  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dengan narasumber dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surabaya yang memberikan materi tentang penggunaan aplikasi BMN, dan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya pemateri tentang Aplikasi SAIBA. Harapannya ada peningkatan pengetahuan dan pemahaman terkait dengan, pengendalian serta pengawasan pengelolaan BMN dan SAIBA pada seluruh satker KPU.

Dalam sesi tanya jawab, peserta undangan bisa menyampaikan kendala yang di hadapi oleh masing-masing daerah untuk mendapatkan solusinya bersama sebagai langkah persiapan menghadapi berakhirnya tahun anggaran 2016. Karena di KPU ini sistem kerjanya adalah teamwork maka ditekankan tidak hanya operator yang paham akan pencatatan dan pembukuan pada aplikasi, tetapi Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik wajib memahami tidak sekedar tahu kulitnya saja. Sehingga ke depannya saat dilakukan rekonsiliasi data dihasilkan laporan yang akuntabel, tertib, rapi dan tepat waktu serta dapat dipertanggungjawabkan.

Acara sosialisasi dan bimtek Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) serta  Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) ditutup dan diakhiri oleh Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur pada pukul 16.00 WIB.

1

Penulis : Toni Cahyo Nugroho,  Editor : Haning Wahyu Puspitasari